Entri Populer

Profil Penulis

Jumat, 17 Mei 2013

MENGENAL JOOMLA

Pengertian Joomla !

Pengertian Joomla Open Source atau lebih sering dikenal dengan Joomla! merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat Open Source, ialah sebuah software gratis yang dapat digunakan untuk membuat web yang paling sederhana hingga paling kompleks sekalipun, seperti web portal. Disebut open source karena pengguna dapat memodifikasi, menghapus, maupun menambah script yang disertakan dalam software tersebut asal tetap mencantumkan hak cipta dan mentaati peraturan yang telah disepakati bersama-sama.

Software open source berbeda dengan software gratis (free use) karena software yang bersifat gratis tidak menyertakan file-file aslinya (script) dari software tersebut sehingga pengguna tidak dapat mengetahui bagaimana dan apa isi yang terkandung di dalamnya. Intinya, kode (script) dibuka untuk pengguna agar dapat dimodifikasi sendiri sesuai keinginan.

Joomla! adalah salah satu CMS yang memilliki komunitas besar di seluruh dunia dengan didukung oleh para pengembang ketiga yang akan terus mengembangkan program inti Joomla!. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang CMS, silakan kunjungi website resminya dihttp://www.opensourcecms.com.

Keunggulan Joomla!

Pada awal perkembangannya, Joomla! tidak diminati oleh masyarakat luas. Alasanya klasik, yaitu dikarenakan Joomla! merupakan software yang gratis sehingga dianggap tidak aman, banyak kelemahan, kurang bergengsi, tidak impresif dan anggapan negatif lainnya. Sikap apatis tersebut dipatahkan oleh para pengembang inti Joomla! dengan dibuktikannya beberapa aplikasi tambahan yang sangat fleksibel untuk disisipkan ke dalam sistem Joomla!. Pada akhirnya, masyarakat dapat memanfaatkan Joomla! untuk berbagai keperluan terutama membangun website secara cepat tanpa mengesampingkan segi keindahan tampilan.

Mengapa memilih Joomla! ?

Aplikasi yang beragam dapat dibuat menggunakan Joomla! Karena memiliki beberapa kemampuan, diantaranya:

  1. Dapat melakukan update halaman utama, halaman berita, halaman artikel, maupun halaman arsip secara cepat.
  2. Dapat menambahkan item menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan mudah dan cepat.
  3. Dapat mengatur weblink dengan cepat dan mudah.
  4. Dapat mengatur banner (iklan).
  5. Dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions).
  6. Dapat mengatur Newsflashes
  7. Dapat membuat arsip dan menampilkannya kembali
  8. Dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF.
  9. Dapat mengatur pengguna (user) dengan tingkat akses level yang berbeda
  10. Dapat menambah komponen, modul, plugin, dan template dari pihak ketiga (seperti: gallery, forum, calendar, video player, slide show, antiflood, block IP, agenda, shoutbox, games,guestbook, shopping cart, dan sebagainya)
  11. Dapat menampilkan file multimedia tanpa harus membuat script sendiri Desain Joomla! berbeda dengan aplikasi sejenis seperti Microsoft Frontpage maupun Macromedia Dreamweaver. Joomla! sangat fleksibel, mudah digunakan, dan bentuknya sederhana, menjadikan software ini sangat user friendly karena:
  • Mudah melakukan setup/instalasi.
  • Memiliki tampilan administrator yang sederhana untuk mengatur isi situs (website)
  • Mudah digunakan untuk mengedit (menambah, mengubah, dan menghapus) materi dangambar.
  • Fleksibel untuk mengatur tampilan front end (halaman utama).
  • Fleksibel untuk menambah komponen, plugins, modul dan template yang baru dari pihak ketiga.

Seperti telah diijelaskan sebelumnya bahwa Anda untuk menggunakan Joomla! perlu lagi mengetahui konsep pembuatan web dengan HTML, PHP, ASP, XML maupun DHTML. Pengguna cukup memasukan content dan gambar yang ingin ditampilkan ke halaman situs. Bahkan webmaster sekalipun tidak perlu memahami program FTP untuk melakukan upload data, karena Joomla! sudah dapat menanganinya.

Manfaat Joomla!

Dalam waktu yang relatif singkat, Joomla sudah menjadi salah satu software yang handal untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Banyaknya aplikasi yang dapat disisipkan ke dalam sebuah website, menjadikan Joomla! sebagai alternatif utama ketika membangun sebuah website secara dinamis dan interaktif.

Joomla! dapat dimanfaatkan ketika memutuskan untuk mulai mengembangkan dan mengelola website dinamis secara cepat dengan tidak mengesampingkan keindahan tampilan dan fitur-fitur yang sangat beragam.

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Hendra Arrasyid // 15.42

0 komentar:

Poskan Komentar