Entri Populer

Profil Penulis

Minggu, 14 April 2013

CONTOH RESENSI BUKU PALING LENGKAP

Contoh Resensi Buku Terlengkap - Resensi merupakan suatu tulisan atau sedikit ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD tetapi kebanyakan resensi itu buku. Tujuannya yaitu menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. 
Sebelum anda membaca lebih lengkap tentang contoh resensi buku yang info-asik sampaikan, ada baiknya anda baca juga contoh pidato singkat serta contoh gurindam dan juga contoh memo yang pernah kami bahas juga sebelumnya. Baik kita balik lagi ke inti kita yaitu contoh resensi buku merupakan ulasan sebuah buku yang di dalamnya terdapat data-data buku, sinopsis buku, bahasan buku, atau kritikan terhadap buku.

clip_image001

contoh resensi buku

Dalam kita meresensi sebuah buku harus dapat memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku. Dengan pengertian yang cukup luas itu, maksud ditulisnya resensi buku tentu menginformasikan isi buku kepada masyarakat luas. Supaya memperjelas tentang halaman dan isi yang terkandung dalam buku tersebut.

HAL YANG DITANGGAPI DALAM CONTOH RESENSI BUKU

Nah sebelum kita membahas contoh resensi bukunya, kita harus tahu struktur dari resensi itu apa saja dan dibawah ini adalah struktur lengkap dalam contoh resensi buku terlengkap yang info-asik sajikan untuk tugas bahasa indonesia anda.
1. Kualitas isi
2. Penampilan
3. Unsur-unsur / struktur penyajian
4. Bahasa
5. Manfaat bagi pembaca/masyarakat

Unsur Resensi
1. Judul resensi
2. Identitas buku yang diresensi
3. Pendahuluan(memperkenalkan pengarang,tujuan pengarang buku,luncuran pertanyaan, dll)
4. Inti/isi resensi
     * Pokok-pokok isi
     * Keunggulan buku
     * Kekurangan buku
5.  Penutup
    * Saran-saran yang mungkin ditambahkan dalam  isi buku dan keterbacaan
Identitas buku
1. judul buku
2. Penulis buku
3. Penerbit buku
4. kota terbit
5. tahun terbit
6. tebal buku

Kumpulan Contoh Resensi Buku Paling Lengkap

Dan disini kami sajikan sekitar 3 contoh resensi buku yang kami himpun dari berbagai sumber terpercaya.
1. 7 Keajaiban Rezeki
clip_image002
Judul Buku                   : 7 Keajaiban Rezeki

Penulis                         : Ippho D. Santosa
Penerbit                       : Elex media Komputindo
Tanggal Terbit             : April 2010
Jumlah Halaman         : 191
Jenis Cover                 : Hard & Soft Cover
Kategori                       : Motivasi
Teks                              : Bahasa Indonesia


Sedikit contoh resensi buku ini adalah :

Bab #1     Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)

Semua orang mempunyai sidik jari masing-masing. Tentunya sidik jari antara satu dengan yang lainnya berbeda. Di dalam sidik jari tersimpan sebuah kekuatan besar yang akan membawa kita menuju kesuksesan yang kita cita-citakan.

Bab #2   Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)

Tahukah anda apa maksud Sepasang Bidadari ? Yang dimaksud sepasang bidadari adalah orangtua kita. Kita tidak akan pernah terlahir di dunia tanpa adanya orangtua. Orangtua adalah awal dari segalanya. Seluruh ridho Allah selalu ikut serta dalam ridho orangtua. Terutama bagi terbukanya pintu rezeki. Salah satu kiat lancarnya dan semakin terbuka lebarnya pintu rezeki kita yaitu dengan selalu menjaga hubungan baik dengan orangtua kita.

Bab #3   Golongan Kanan (Lingkar Diri)

Semua orang tentunya memiliki otak yang sama. Baik beratnya, jumlah sel, dan sebagainya. Hanya kualitas otak yang berbeda-beda. Otak seseorang dibagi menjadi 2 bagian yaitu otak kiri (golongan kiri) dan otak kanan (golongan kanan). Otak kiri berhubungan dengan ilmu pasti, algoritma, teratur. Otak kanan berhubungan dengan gambar, musik, imajinasi. Di dunia ini khususnya di Indonesia golongan kiri lebih mayoritas dibanding golongan kanan.

Bab #4   Simpul Perdagangan (Lingkar Sesama)

Sebuah negara dibagi menjadi 2 yaitu negara berkembang dan negara maju. Negara berkembang yang ingin menjadi negara maju harus memiliki warga negara yang 2% bermatapencaharian sebagai pedagang atau pengusaha. Memang pada kenyataannya negara maju seperti Jepang dan Cina memiliki penduduk yang sebagian besar adalah pedagang.

Bab #5  Perisai Langit (Lingkar Diri)

Alam menyediakan segalanya untuk kebutuhan kita. Di dunia ini hukum sebab dan akibat memang berlaku. Maka dapat dikatakan ada hukum DOA dan LOA (Law Of Attraction). Apa yang kita berikan kepada alam, itulah yang alam akan berikan kepada kita. Jika dalam doa kita memberikan energi positif bagi alam, maka alam juga akan bereaksi positif terhadap kita.

Bab #6   Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

Jika kita ingin menjadi golongan kanan dan menajdi pengusaha atau pemimpin untuk memajukan negara, kita harus memiliki ciri khas yang disebut pembeda abadi. Seorang pemimpin harus memiliki sesuatu yang berbeda dari orang lain. Untuk menjadi sesuatu yang muncul di antara mereka, kita harus memiliki pembeda abadi agar kita bisa diingat atau ditandai di benak banyak orang.

Bab #7  Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)

Yang diamksud ikhtiar dalam ilmu keagamaan adalah berusaha dan berdoa. Dan pelangi, yang dimaksudkan ini adalah jika kita menggabungkan kiat dari yang pertama hingga yang ketujuh ini, akan membuat kita memiliki suatu kekuatan besar dan luar biasa. Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah sedekah. Dalam sedekah juga tersimpan energi yang tidak kalah penting dan sangat hebat. Jika seseorang ingin menjadi seorang dermawan dan kaya, tidak perlu dan tidak harus pusing menjadi sarjana atau pegawai negeri.

Secara umum inti-inti dari keajaiban-keajaiban di atas adalah sebagai berikut :

  •       Mengasah otak kanan, kreativitas, imajinasi, intuisi.
  •       Mengambil keputusan 1000 kali lebih cepat dengan otak kanan.
  •       Mengendalikan Law Of Attraction dan nasib dengan otak kanan.
  •       Melipatgandakan pengaruh dan go national 10 tahun lebih awal.
  •       Menjual lebih banyak dan lebih cepat serta lebih mahal.
  •       Memahami lagi amal yang melipatgandakan rezeki.
  •       Menguasai pintu-pintu rezeki dengan otak kanan.

2.  The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik Minuman Ringan Favorit Dunia

clip_image003

Judul : The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik Minuman Ringan Favorit Dunia

Penulis : Michael Blanding

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : 2011

Halaman : 420 Halaman

Harga : Rp. 99.800

Contoh Resensi Buku ini adalah sebagai berikut :
Korporasi raksasa yang mendunia selalu memiliki dua wajah yang bertolak belakang Di satu sisi ia dapat tampil cantik, namun di sisi lain ia memiliki wajah buruk yang selalu ingin dirahasiakan.

Begitu juga dengan perusahaan minuman ringan bersoda The Coca Cola Company. Perusahaan yang telah mendunia ini dilaporkan memiliki sejumlah persoalan yang selama ini tidak diketahui oleh publik.
Buku yang ditulis oleh Michael Blanding ini menjelaskan bagaimana kemajuan perusahaan yang berdiri pada tahun 1892 itu bukan semata-mata karena kehebatan produknya, namun karena iklan.
Iklan Coca Cola yang begitu hebat telah membentuk berbagai citra tentang Coca Cola. Tak ayal lagi, Coca Cola tidak hanya sekadar brand yang mendunia, namun juga sebuah kultur.

Sebagai sebuah kultur Coca Cola menjadi bagian dari keseharian, terutama orang-orang Amerika. Konsumsi Coca Cola pun menjadi sebuah simbol ataupun identitas masyarakat Amerika.
Hasilnya, lingkar pinggang orang Amerika kian membesar. Penelitian menunjukkan bahwa minuman soda yang ditambahkan pada porsi setiap kali makan, akan menambah kemungkinan kegemukan sekitar 60 persen (hal. 90).
Di samping itu, Coca Cola pun telah masuk dalam dalam ritus-ritus keagamaan dan praktik budaya. Masyarakat yang hidup di perbukitan Chiapas Highlands, Meksiko, misalnya, kini telah melibatkan “si kaleng merah” dalam ritual-ritual keagamaan, ia menjadi bagian dari pemujaan.
Hal ini menunjukkan bagaimana Coca Cola telah mengubah kode-kode dalam praktik ritual. Ia telah menjungkirbalikkan nilai-nilai otentik budaya lokal. Jika memang Coca Cola concern dengan keberlangsungan budaya lokal, seharusnya ia dapat mengendalikan ini.
Persoalan yang harus dihadapi Coca Cola adalah persoalan pelanggaran hak-hak asasi buruh. Ini terjadi di Columbia. Di negara ini sejumlah kasus yang berakhir pada kematian buruh pabrik Coca Cola, beberapa kali terjadi.
Tuntutan buruh untuk memperoleh hak-haknya ternyata tidak selalu mendapat respon positif. Bahkan Dalam buku ini disampaiakan justru perusahaan yang berusaha untuk menghancurkan serikat pekerja yang menuntut hak-haknya.
Malah, dilukiskan dalam buku ini adanya kemungkinan disewanya tentara bayaran untuk menghentikan gerakan serikat pekerja. Di negeri yang sama juga dilakukan montaje judicial atau jebakan pengadilan terhadap para aktivis serikat pekerja.
Masalah lain yang terus menyudutkan Coca Cola adalah pencemaran lingkungan. Dari India dilaporkan bahwa perusahaan minuman bersoda itu telah mencemari lingkungan. Mereka membuang limbah pabrik dengan seenaknya.
Limbah pabrik itu telah memperburuk kondisi lingkungan. Bahkan hewan-hewan peliharaan mati karena meminum air dari sungai yang tercemar. Keinginan untuk mengubah keadaan ini juga tidak kunjung muncul.
Catatan lain tentang buku ini ialah, adanya ketidakberimbangan dalam menampilkan fakta mengenai Coca Cola. Hasilnya, buku ini terkesan sebagai black campaign terhadap perusahaan asal Amerika Serikat itu

3. Pantai dan Kehidupannya

clip_image004

Judul                     : Pantai dan Kehidupannya

Pengarang           : Edy Karsono

Penerbit                : PT. INDAHJAYA Adipratama

Tahun terbit          : Cetakan I thn 1996 Cetakan V th 2003

Kota terbit            : Bandung

Jumlah halaman  : 64

Contoh resensi buku ini adalah sebagai berikut :

Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Selain sebagai mata pencaharian, pantai juga banyak sekali makhluk hidup yang hidup di sana yang memilki berbagai manfaat yang beragam. Misalnya burung-burung laut yang bisa diambil telur dan dagingnya. Siput, udang, lokan, tiram, dan remis untuk dimakan atau dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakandan bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar.

Buku ini juga bukan hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantaisaja, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai,apa saja bencana yang dapat terjadi di pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang menyalahgunakan pantai. Sehingga menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu. Selain itu pula, buku ini juga menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai, mulai dari kebiasaannya, caranya hidup dan mencari makan,caranya menghindari pemangsanya, dan lain-lain hal yang dapat kalian pelajaridari buku ini.

Buku ini juga menjelaskan dalam bentuk kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat simpel yang sederhana, buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Itulah yang menyebabkan buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita.

(+)

- Informatif, lengkap, dan logis

- Menggunakan kalimat yang sederhana sehingga memudahkan yang membacanya

- Terdapat gambar yang relevan

(-)

- Desainnya tidak menarik

- Gambar yang disajikan tidak berwarna

Demikianlah artikel tentang contoh resensi buku terlengkap yang kami dapat dari berbagai sumber buku. Dari keseluruhan cerita atau resensi buku diats apabila dibaca dengan seksama, banyak sekali pesan dan amanat dari penulis yang sangat berarti dan besar sekali manfaatnya.

,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Hendra Arrasyid // 07.38

0 komentar:

Poskan Komentar